Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Penggunaan Tabung Oksigen untuk Masyarakat

Saat seseorang memiliki kondisi kesehatan yang kurang baik dapat menyebabkan mereka memerlukan bantuan tabung oksigen. Keberadaan tabung atau regulator tersebut nantinya dapat memudahkan seseorang untuk bernapas. Akan tetapi, sangat penting untuk mengenali penggunaannya terlebih dahulu.

Siapa yang Harus Menggunakan Tabung Oksigen?

Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa kondisi yang dapat mengharuskan seseorang menghirup oksigen langsung dari tabungnya. Beberapa kondisi tersebut salah satunya seperti hipoksia. Ini merupakan kondisi dimana kadar oksigen dalam darah seseorang sangat rendah dari biasanya.

Tabung Oksigen

Adanya kondisi tersebut juga dapat menyebabkan seseorang mengalami gejala. Mulai dari kelelahan dan sesak napas. Tidak jarang beberapa orang juga disertai dengan keringat dingin. Penggunaan oksigen yang berasal dari tabung tersebut dapat digunakan sebagai pertolongan pertama jangka pendek.

Adapun beberapa kondisi medis lainnya seperti seseorang yang menderita penyakit asma, gagal jantung, apnea tidur, paru obstruktif kronis, hingga fibrosis kistik. Untuk pemakaiannya sendiri perlu memperoleh petunjuk dari tenaga medis yang lebih berkompeten.

Jenis Oksigen dengan Kemasan Tabung

Apabila Anda termasuk salah satu orang yang memerlukan oksigen untuk paru-paru, maka terdapat beberapa jenis yang ada di pasaran saat ini. Setiap jenis tersebut dapat dipilih salah satu diantaranya. Apa saja? Di bawah ini beberapa jenis oksigen dengan kemasan tabung tersebut:

1.  Sistem Gas Terkompresi

Merupakan salah satu jenis oksigen kemasan tabung yang bisa Anda jadikan pilihan. Merupakan salah satu jenis yang menggunakan sistem gas yang terkompresi. Seseorang dapat menggunakannya di rumah. Sistem ini sendiri meliputi konsentrator oksigen stasioner serta tabung.

Akan tetapi, apabila Anda ingin bepergian ke luar maka ada baiknya untuk menggunakan tabung dengan sistem portabel saja. Hanya saja, penggunaan tersebut akan menghasilkan oksigen yang kecil. Akan tetapi, dapat bertahan lebih lama.

2.  Konsentrator Oksigen Portabel

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, oksigen dengan sistem konsentrator portable disini memiliki tenaga listrik. Tidak heran apabila setiap pengguna nantinya dapat memakai dan membawa tabungnya dengan mudah kemana saja yang diinginkan.

Anda bahkan dapat memakainya dengan cara mengikatkan ke punggung. Jika tidak, maka bisa juga dengan menariknya ke belakang memakai roda. Nantinya, sistem tersebut akan berjalan memakai baterai atau listrik yang dapat dilakukan pengisian termasuk saat di mobil.

3.  Konsentrator Oksigen Rumahan

Pilihan lainnya yang bisa Anda gunakan adalah oksigen dengan sistem konsentrator rumahan. Jenis yang satu ini juga sering dikenal dengan sebutan konsentrator oksigen standar. Bagi mereka yang sudah mengenal seluk beluk oksigen tentu tidak akan asing dengan jenis ini.

Sistem yang satu ini sendiri nantinya dapat digunakan di dalam rumah. Kemudian, Anda juga bisa menghubungkannya ke stop kontak listrik yang ada. Adapun cara kerjanya adalah menarik udara dari dalam ruangan kemudian dilanjutkan dengan menghilangkan nitrogen serta kotoran yang ada.

4.  Sistem Oksigen Cair

Merupakan salah satu jenis oksigen dalam bentuk tabung yang bisa Anda jadikan pilihan selanjutnya. Perlu diketahui juga bahwa sistem yang ditawarkan pada alat ini juga masih menggunakan bentuk portable. Dengan begitu, setiap pengguna nantinya dapat melakukan pengisian ulang.

Apabila sudah terbiasa menggunakan jenis oksigen yang satu ini tentu saja tidak ada salahnya untuk memilih jenis tersebut. Akan tetapi, akan lebih baik apabila Anda memilih salah satu diantaranya yang lebih mudah untuk digunakan saja di rumah.

Itulah beberapa informasi mengenai tabung oksigen yang bisa diketahui. Saat ini sendiri ada banyak tempat yang jual tabung untuk membantu seseorang bernapas tersebut. Dengan begitu, tentu saja tidak akan kesulitan saat ingin membelinya sesuai kebutuhan.